History of DBSK

Wah dapat berita baru nih…..

Fansclub dari grup top Asia TVXQ, yang diketahui sebagai Cassiopeia dicatat di dalam GUINNESS WORLD RECORD BOOK of 2008, untuk BIGGEAST fansclub of an artist! Keren kan…..!!!!!! Cassiopeia berisi lebih dari 800.000 anggota official ketika dihitung terakhir. Ini bahkan belum mencakup anggota-anggota yang non-official. Dengan ini, TVXQ adalah fansclub terbesar di dunia.

Ya ampun…. Tuh kan TVXQ emang boyband yang menakjubkan….. banyangkan aja masuk BUKU REKOR DUNIA…. Itu kan hebat banget. Satu lagi! Itu saja barusan yang terdaftar sebagai Cassiopeias…. Trus yang ngefans sama TVXQ di seluruh penjuru dunia tapi belum terdaftar. Yah… kayak aku ini…. Hayo….. banyak banget kan….. !!!! Kira-kira berapa ya…. Jumlah fans TVXQ di seluruh dunia???? Pastinya banyak banget deh….

Emang yaa…DBSK ato TVXQ ga ada tandingannya…ga ntesel saya udah jadi Cassiopeia 6 tahun…..

BIODATANYA ANGGOTA DBSK

HERO Jae Joong

Nama panggung: HERO

Young Woong Jae Joong

Nama asli: Kim Jae Joong

Tanggal/tempat lahir: 26 January 1986/ Chungnam

Tinggi/berat: 180 cm/63 kg

Golongan darah: O

Hobi: Main game komputer, dengar musik, main piano, menggubah musik, memasak

Spesialisasi: Menyanyi

Posisi: Vokalis utama

MAX Chang Min

Nama panggung: MAX

Choi Kang Chang Min

Nama asli: Shim Chang Min

Tanggal/tempat lahir: 18 February 1988/ Seoul

Tinggi/berat: 186 cm/ 61 kg

Golongan darah: B

Hobi: Musik, menyanyi, makan

Spesialisasi: Menyanyi, menari

Posisi: Suara tinggi

MICKY Yoo Chun

Nama panggung: MICKY

Micky Yoo Chun

Nama asli: Park Yoo Chun

Tanggal/ tempat lahir: 4 juni 1986/ Seoul

Tinggi/berat: 180 cm/60 kg

Golongan darah: O

Hobi: Mengubah musik/lirik/rap,

main piano

Spesialisasi: Menyanyi,

mengubah lagu

Posisi: Suara rendah medium

U-KNOW Yun Ho

Nama panggung: U-KNOW

U-know Yun Ho

Nama asli: Jung Yun Ho

Tanggal/tempat lahir: 6 feb 1986/ GwangJu

Tinggi/berat: 184 cm/ 66 kg

Golongan darah: A

Hobi: Dengar musik, olah raga,

membaca, menggubah musik

Spesialisasi: Menari

Posisi: Suara bass

XIAH Jun Su

Nama panggung: XIAH

Xiah Jun Su

Nama asli: Kim Jun Su

Tanggal/tempat lahir: 15 Des 1986 (Di akte kelahiran di tulis 1 Januari 1987)/Gyeonggi

Tinggi/berat: 178cm/63 kg

Golongan darah: B

Hobi: Piano, sepak bola

Spesialisasi: Menyanyi, menari

Posisi: Suara tinggi medium

Anggota yang petama bergabung adalah Kim Junsu. Ia sudah bernyanyi di gerejanya ketika ia masih kecil. Pada umur 12 tahun ia dibawa bersama bandnya ke sebuah pencarian bakat yang ditayangkan di televisi. Dimana Moon Hee Jun dan Kangta dari H.O.T yang menjadi jurinya. Dengan suaranya ia bisa menang dan karena ia menang maka ia harus mengikuti latihan selama 6 tahun kedepan. Setelah 3 tahun latihan, ia diharapkan untuk debut, tetapi masa puber mengakibatkan suaranya berubah dan ia tidak mampu menyanyi sampai masa pubernya usai setelah 3 tahun. Setelah enam tahun, ia memulai debutnya sebagai Xiah Junsu (Xiah dilafalkan Shee-Ah di Korea). Xiah adalah sebuah nama panggung yang dipilih Junsu, ia menjelaskan kepada para fans kalau namanya adalah kependekan “Asia” ketika Asia dilafalakan “a-shee-a” di Korea. “Xiah” diharapkan tidak hanya menjadi bintang Korea, tetapi juga menjadi bintang di seluruh benua.

Xiah adalah anggota kedua termuda dalam kelompok, yang dilahirkan 15 Desember 1987, ia lahir bersama saudara kembarnya yaitu Kim Jun Ho. Pada waktu luang, ia bersama Micky bermain piano bersama dan menulis lagu. Seperti U-know, ia juga menyukai choreograph (menari). Ia dikenal untuk memberikan 110% selama pertunjukan di atas panggung. Ia sangat menyukai lelucon bersama para anggota dan bahkan menganggap DBSK sebagai keluarga keduanya. Ia dikenal sebagai seorang yang dermawan dan tetapi ia juga mempunyai karakter yang pintar dan jenaka. Ia sering digoda karena tingginya, sebagai yang paling pendek diantara keluarganya dan diantara anggota DBSK, tapi masih tersenyum saja. Keluarga dan para teman-temannya menyebutnya sebagai orang yang murah hati dan orang yang menyenangkan sekelilingnya.

Anggota kedua adalah Jung Yunho, yang mendapatkan tempat di TVXQ melalui suatu kompetisi menari sebagai pemenang pertama. Sebelum ini, ia mengumpulkan beberapa pengalaman musik sebagai rapper dan penari latar untuk penyanyi K-Pop Dana di dalam video ‘Diamond’nya. Sebagai seorang dancer ia sudah menemani banyak penyanyi Korea sampai ke China. Ia memilih nama panggungnya adalah U-know Yunho diambil dari nama Koreanya Yunho. U-know dilafalkan dalam bahasa Inggris “You Know”. Akan tetapi, itu berarti “Apakah kamu mengetahui Yunho”. Para anggota lainnya menghormatinya sebagai ketua mereka.

U-know adalah anggota DBSK tertua kedua (ia lebih muda dibanding Hero) dengan beda beberapa hari saja dan dikenal sebagai anggota yang memiliki banyak pengalaman. Hobbynya selain menari adalah menulis cerpen, main bola basket, dan pernah mendapat juara ketiga dalam suatu kompetisi seni yang berhubungan dengan perang (a martial art competition). Ia bersama ketiga anggota DBSK lainnya adalah anak didikan SM (SM kid). Awalnya ia diharapkan untuk bersolo karir, namun Ia memutuskan untuk bergabung, menjadi kakak dan leader dari Dong Bang Shin Ki.

Kim JaeJoong meninggalkan kota kelahirannya di Chungnam untuk mengikuti audisi di SM Entertainment. Setelah meninggalkan kota kelahirannya, ia mengalami kemiskinan dan perselisihan sebelum menjadi terkenal. Managernya memilihkan nama Hero untuknya karena ia diharapkan untuk menjadi pahlawan di dunia musik. Jaejoong terpilih dari sebuah audisi 5000 orang. Jaejoong menjadi pemenang pertama, baik dalam wajahnya dan suara terbaiknya. Hal ini membuatnya menjadi vocalis utama TVXQ.

Hero adalah anggota tertua dalam kelompok yang lahir pada 26 Januari 1986. Ia menjadi vocalis utama DBSK. Ia adalah satu dari tiga anggota yang sudah menjadi anak didikan SM (SM kid) sebelum membentuk grup Dong Bang Shin Ki. Ia dikenal sebagai orang yang sering memberi kritik kepada kelompok itu tentang musik karena ia berkepribadian jujur dan apa adanya. Ia memiliki karakter yang cermat yang dapat dilihat dimanapun. Apakah rumah sudah rapi dan tak satupun debu kelihatan, atau keterampilannya dalam urusan dapur maka ia dikenal sebagai “Ibu” dalam kelompok. Disamping, menyukai memasak dan membersihkan, ia juga senang pergi ke tempat fitness, dan ia mempunyai otot-otot yang bagus untuk dilihatkan. Berasal dari satu keluarga dengan sembilan anak, ia menjadi satu-satunya anak-anak lelaki termuda didalam keluarganya. Ketika ia berada di DBSK ia menjadi sulung namun ketika dirumah ia menjadi anak bungsu. Tetapi ia masih bercanda bersama dan menikmati dirinya. Ia paling takut dengan kesan pertamanya yang tidak baik.

Shim Changmin adalah peserta termuda dalam audisi itu. Seperti Xiah Junsu, ia mengesankan juri dengan suara tingginya yang kuat. Ia bergabung dengan DBSK dengan nama Choikang Changmin (dalam bahasa inggris nama panggungnya adalah Max). Choikang dalam bahasa Korea berarti “Yang terbaik”. “Max” menjadi terjemahan internasional dari mana ini.

Changmin adalah “bayi” dari kelompok, yang dilahirkan tahun1988, membuatnya 1-2 tahun lebih muda dibanding “kakak-kakaknya” di DBSK. Ia dikenal sebagai orang yang “pemalu”, selalu mendengarkan anggota lain saat berbicara dan hanya sedikit berbicara dalam konferensi pers, penampilan TV, dan di Radio. Menyanyi adalah keinginan terbesarnya dan jika ia tidak bisa menyanyikan nada yang sesuai maka ia bisa sampai menangis. Barangkali ada kaitannya dengan pengaruh kedua orangtuanya yang seorang guru ia adalah orang yang rajin belajar dan serius dengan sekolahnya. Kepribadian seorang yang selalu memikirkan diri sendiri membuatnya terlepas dari orang lain. Tetapi setelah ia beradaptasi dalam beberapa waktu akhirnya ia mulai membuaka diri dan merasa nyaman berada disekitar mereka. Mereka yang mengasuhnya dan menganggapnya sebagai adik laki-laki sebenarnya.

Satu bulan sebelum debut, anggota terakhir telah ditambahkan. Park Yoochun yang tinggal di Fairfax, Virginia selama empat tahun dan mengikuti audisi Brothers Entertainment dan di kirim ke Korea untuk SM Entertainment. Nama panggung Yoochun adalah Micky, tulisan dalam huruf hanja (tulisan china) bermakna “Senjata yang tersembunyi” yang menyimbolkan keinginannya untuk menjadi sebuah “Senjata yang tersembunyi” didalam industri musik. Micky juga adalah nama panggilannya ketika ia tinggal di Virginia. Sebagai pemenang suatu pencarian bakat ia diberi kesempatan untuk ke SM Entertainment di Korea. Sekarang ia melakukan pertunjukan dibawah nama Micky Yoochun.

Setelah anggota terakhir bergabung membuat DBSK lengkap sudah. Micky cukup dipertimbangkan karena dia orang asing. Ia lahir di Korea, keluarganya dan dia memutuskan untuk pindah ke Amerika ketika ia berusia 11 tahun. Ia dikenal sebagai orang yang yang mempesona, pintar dan jenaka yang selalu tertawa dan tersenyum. Ia memiliki kepribadian yang optimis dan selalu menghangatkan suasana. Setahun, ia tumbuh menjadi seorang yang berminat kuat dalam menggubah musik dan telah menulis 100 lagu, anggota lain pun menganggapnya baik.

Karena sejak kecil ia telah memenangkan banyak kompetisi menyanyi. Sebab pekerjaannya yang sekarang, Micky harus meninggalkan keluarganya di Amerika dan kini ia hidup sendiri di Korea. Akan tetapi, sekarang ia ditemani oleh para anggota dan para teman baiknya. Ia sangat rajin dan merasa sangat beruntung mendapatkan dukungan dan cinta dari mereka.”

Karir DBSK

TVXQ memulai debutnya tanggal 26 Desember 2003 dengan membawakan lagu Hug serta versi a capella “O Holy Night” bersama BoA. Walaupun baru muncul, mereka langsung diakui sebagai grup musik idol. Selanjutnya, mereka merilis dua singel sekaligus, (“Hug” dan “The Way U Are”), lengkap dengan buku foto.

2005

Debut mereka secara resmi di Jepang ditandai dengan merilis singel bahasa Jepang, “Stay with Me Tonight” pada 27 April 2005. Sebelumnya di Jepang mereka sudah merilis versi bahasa Inggris single “Hug” dan album perdana Tri-Angle. Singel bahasa Jepang ke-2, “Somebody to Love” dirilis 13 Juli tahun yang sama, dan sampai di urutan ke-7 tangga singel Oricon.[1]

Masih di tahun 2005, TVXQ juga merilis singel ke-3 di Jepang, “My Destiny”, album Korea ke-2, Rising Sun, dan single Show Me Your Love bersama rekan selabel, Super Junior. Di akhir tahun, TVXQ menerima penghargaan musik video terbaik untuk lagu “Rising Sun” dan People’s Choice Award versi Mnet KM Music Video Festival.[2]

2006

Sebelum merilis album ke-3 di musim gugur 2006, TVXQ melakukan tur promosi dan pertunjukan keliling di Malaysia, Thailand, dan China. Selanjutnya mereka sibuk belajar bahasa Jepang sambil mempersiapkan tur perdana di Jepang untuk promosi album Heart, Mind and Soul.[3]. Setelah itu, TVXQ tampil di Jepang dalam konser musim panas “a-nation” yang diselenggarakan setahun sekali oleh perusahaan rekaman Avex Trax. Di panggung yang sama juga tampil Hamasaki Ayumi, Koda Kumi, dan Namie Amuro.

Di Thailand, TVXQ menerima dua penghargaan Thailand Music Awards untuk Musik Video Terbaik (Rising Sun) dan Artis Asia Favorit. Selain itu, mereka masih menerima 2 penghargaan lain di Thailand (“Popular Vote Asia Artist” dan “Virgin Hits Awards 2006”). Di tahun yang sama, singel ke-7 berjudul “Sky” sempat duduk di urutan ke-6 tangga lagu Oricon.[4]

Album ke-3, “O”-正.反.合. (dibaca ‘O’ – Jung.Ban.Hap) dibuat dalam 2 edisi. Edisi pertama dirilis 29 September 2006, sedangkan edisi ke-2 dirilis 11 November 2006. Sebulan setelah diedarkan, album tersebut sudah laku di atas 100 ribu keping dan menjadi album terlaris tahun 2006 di Korea.[5]

Album DVD mereka, All About TVXQ menjadi DVD terlaris tahun 2006 di Korea Selatan, setelah laku sebanyak 47.186 keping. Selanjutnya, TVXQ menjadi bintang tamu di Festival Film Asia Pasifik ke-51 di Taipei, dan membawakan lagu “‘O’-Jung.Ban.Hap.” [6] Pada MKMF Music Festival 2006, mereka memenangi 4 penghargaan, termasuk Grup Terbaik dan Artist of the Year.[7] Pada 1 Desember 2006, TVXQ menerima 3 penghargaan sekaligus pada Seoul Music Festival ke-16, termasuk penghargaan “Daesang” (Artis Terbaik)

2007

Pada 7 Maret 2007, singel ke-10 mereka “Choosey Lover” dirilis di Jepang, dan menduduki urutan ke-5 tangga singel Oricon.[8]. Masih di bulan yang sama (14 Maret 2007), TVXQ merilis album bahasa Jepang Five in the Black, dan berhasil menduduki urutan ke-6 tangga album Oricon.

Singel bahasa Jepang TVXQ ke-11, “Lovin’ You” sampai di urutan ke-2 tangga singel Oricon pada 13 Juni 2007. Keberhasilan tersebut disusul single ke-12, “SUMMER ~Summer Dream/Song for you/Love in the Ice~” (1 Agustus 2007) yang langsung menduduki puncak tangga lagu Oricon.[9].

2008

MIROTIC adalah album Korea ke-4 TVXQ, diliris pada tanggal 26 September 2008. MIROTIC sendiri memiliki arti yang dalam bahasa Inggris yaitu “maze” atau labirin yang diusulkan oleh Kim Jaejoong. Album ini sudah dirancang sejak tahun 2007, tetapi judul dari album ini belum diputuskan sampai pada January 2008. hanya 3 hari setelah pelirisan,album ini sekali lagi menjadi album TVXQ dengan penjualan terbaik selama 2008 di Korea. Pada tanggal 15 November 2008, album ini memenangkan penghargaan album of the year award 2008 MKMF Korean Music Festival awards dan disusul dengan banyak penghargaan lainnya.

koreografer MV 주문-MIROTIC, judul dari album ini, bekerja sama antara koreografer Korea and Kenny Wormald, yang juga bekerja sama dengan koreografer bintang pop Justin Timberlake, Chris Brown and Christina Aguilera.

2009

Pada awal tahun 2009, mereka meliris singel ke 25 mereka, “Bolero/Kiss the Baby Sky/Wasurenaide”. Singel ini merupakan singel yang diliris di Jepang saja. Melalui singel inilah lagu mereka Wasurenaide mendapatkan penghargaan sebagai theme song dari salah satu produk kosmetik MENARD di Jepang.

Awal aku kenal Dong Bang Shin Ki tuh karena aku ngeliat Konser Live DBSk yang nyanyiin Rising Sun (tepatnya pertengahan tahun 2005) Trus pas liat pertama kali DBSK di vcd nya, gak ada perasaan khusus sih…. Eh gak tahu kenapa jadi pengen liat lagi MV mereka. Aku pun mengamati video mereka yang menakjubkan. Trus aku berpikir….

Hal pertama yang aku sadari tuh style pakaian mereka … wow…..!!!! keren banget *Udik ni*

Hal kedua yang aku sadari…. Dance mereka yang super duper keren dan energik….

Hal ketiga yang aku sadari…. Ternyata mereka berlima pada ganteng-ganteng dan keren-keren ya…. *ngiler*

Hal terakhir yang aku sadari …. Suara…. Suara dan vokal mereka mengagumkan banget *sampe merinding*…. Pokoknya menyentuh hati… apalagi di lagu ‘Holding Back the Tears’ vokal mereka berlima terdengar jelas….

Dari situ aku mulai ngefans sama Dong Bang Shin Ki dan terus mencari semua berita tentang mereka. Mulai dari beli majalah asia. Yah meskipun di kotaku gak musti ada tapi aku tetap berusaha mencari berita mereka. Sampai aku kenal yang namanya INTERNET. Syukur banget deh…. Dari internet itulah aku bisa dapat semua hal tentang Dong Bang Shin Ki. Mulai dari gambar, lagu, video, pokoknya semuanya deh, sampai-sampai aku bisa share dengan temen-temen yang juga seneng sama Dong Bang Shin Ki !!!

Uhmm apalagi ya….

Oh ya…. DBSK tuh emang boyband terkenal ya…. Banyak banget deh situs-situs DBSK baik yang official atau bukan. Fans DBSK sendiri yang di Indonesia juga BUAAAANYAAAK banget…..!!!!! Trus banyak forum-forum di internet yang ngebahas tentang DBSK. Banyak deh….

Ow…. satu lagi….!!! Jangan bingung ya… kalau aku sebut Dong Bang Shin Ki/DBSK/DBSG/Tong Vfang Xien Qi/TVXQ/Tohoshinki/THSK. Soalnya itu semua ya artinya DBSK. DBSK sendiri nama panggilan mereka di Korea, TVXQ di China (umum), dan Tohoshinki di Jepang. Itu semua artinya sama kok. Yaitu, Para dewa turun dari timur. Jadi sekali lagi jangan bingung ya….😀

NNNNOOOOWWW

JYJ

(Jaejong, Yoochun, Junsu)

TVXQ

(Yunho & Changmin)


2 thoughts on “History of DBSK

  1. untuk siapapun yg menulis ini, trimakasih..benar2 trimakasih… sangat jarang ada Cassies yg msh menulis dng adil ttg oppa2 meskipun mereka skrg di grup yg beda. berharap bisa saling mengenal untuk mu,,,saya yunka. mohon secepatnya hub saya di fb ”yunka with’dTears”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s