Sekilas tentang Wajib Militer

Wajib militer adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap warga negara Korea khususnya laki-laki yang punya kesehatan fisik, mental dan spiritual yang bagus. Pokoknya bukan penyandang cacat atau punya kelainan jiwa. Warga wanita biasanya tidak diharuskan wamil, tetapi ada juga negara yang mewajibkannya, seperti di Israel. Korea Selatan adalah salah satu negara yang masih menjalankan wajib militer kepada warganya yang berjenis kelamin laki-laki. Tujuan Wamil adalah untuk mempersiapkan para pemuda negara tersebut dengan teknik dasar militer sehingga siap membela negaranya jika sewaktu-waktu terjadi ancaman invansi dari negara lain dan militer kekurangan pasukan.

Laki-laki sehat jasmani dan rohani sekitar umur 20-30-an wajib ikut. Dia bilang pas dapet surat panggilan tes kesehatan dll, kagetnya kayak pacar kamu bilang dia hamil. Bisa dibayangin kan gimana stressnya masuk wajib militer. Petugas pemerintahan yang cek kesehatan calon anggota wajib militer bakal memilah pemuda-pemuda ini untuk masuk ke kategori-kategori tertentu, yang dinilai cocok sesuai laporan tes kesehatannya. Kata temen, ada 4 tingkatan, saya juga gak terlalu ngerti kategorinya apa aja, yang pasti dia mah masuk tingkatan nomor 1, jadi prajurit biasa yang bener-bener latihan fisik dan pegang senjata. Dia ngeluh, kenapa orangtuanya bukan golongan chaebol atau mukanya digantengin dikit trus ikutan jd artis seblum masuk militer. Kan enak bisa masuk tingkat 4 yang kerjanya dibelakang meja dan punya jam luang yang lebih gak perlu capek squad jump, jam pagi, lari dll.
Pantesan aja banyak artis-artis cowok yang ikut wajib militer milih kerja dibelakang meja dari pada kerja dibelakang kawat duri.

Karena banyak yang protes tentang orang-orang yang bisa ambil jalan ‘aman’ masuk wajib militer tapi punya status tingkat 4 padahal orang yang bersangkutan gak punya masalah kesehatan, mereka pada jadi bahan gunjingan dimasyarakat. sebagian orang mungkin menganggap kalo wajib militer itu mimpi buruk yang terjadi pada masa-masa mereka seharusnya bersenang-senang, soalnya selama 2 tahun harus di ‘karantina’ menerima pelatihan ketentaraan. Tp Jwoong bilang dia dapetin pengalaman yang gak bisa didapet di tempat lain. Yang td nya dia pikir buat apa sih ikut wajib militer, buang2 waktu 2 tahun, harus ngelepasin status pekerja, siswa/mahasiswa. Tapi klo dipikir sama aja, dia juga bakalan ngabisin waktunya secara percuma klo dia gak ikut wajib militer.

Trus apa yang dilakukan anak-anak muda yg sudah masuk militer?

Pertama-tama mereka harus berhenti sekolah/dari pekerjaannya untuk sementara. Lalu mereka diharuskan mengisi formulir dimanakah mereka ingin ditempatkan, ada angkatan laut, udara atau prajurit yang membantu pasukan amerika. Tapi kebanyakan dari mereka akhirnya malah jadi tentara. Latihan dasar yang mereka terima sekitar 4 minggu di camp latihan, setelah itu mereka baru dipindah tugaskan ke satuan unit yang mereka pilih sebelumnya untuk melanjutkan sisa waktu wajib militer untuk 2 tahun ke depan.
Sekarang gaji perbulan udah lumayan enak. Baru tahu kalo setiap tahun setelah selesai wajib militer, mereka masih diharuskan ikut latihan tahunan.

syaaratnya:
1. warga negara korea selatan asli
2. berumur min 20 max 30 th
3. tidak mengalami gangguan kesehatan kronis
4. mau ditempatkan dimana saja
5. bukan anak tunggal *kalau anak tunggak gak wajib ikut
6. bukan anak satu satunya yang laki laki *kalo satu’nya yang cwo gak wajib ikut
7. lolos tes sewaktu ujian ikut militer ( AU, AL, AD, atau menjadi pasukan amerika yang menjaga di perbatasan korsel-korut )

biasanya wajib militer itu pelatihan dulu selama 5 minggu…baru intimya kurang lebih 2 tahun lah. yah…banyak sieh artis yang abis ikut wamil langsung merosot reputasinya….ya mo gimana lagi? orang sudak kewajiban kok. ^^

yah…seperti sekarang nak suju pada ikutan WAMIL kan….

 

One thought on “Sekilas tentang Wajib Militer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s