Arti ELF “Everlasting Friends”

Bagi orang-orang angka “13″ biasanya adalah angka kesialan kan, tapi bagi para ELF angka 13 itu sangat berharga. Betapa pentingnya angka 13 dalam Super Junior.

Dengan mengetahui fakta ini aku berpikir, mungkin SUJU adalah satu-satunya Grup Boyband Korea atau bahkan di dunia yang mempunyai sejarah besar dalam sepanjang perjalanan karir di dunia hiburan Korea atau dunia.

Elfs, kesalahan yang fatal jika berpikir, menyebut atau berkata Super Junior adalah 15 orang, Super Junior adalah 13+2. Selamanya Super Junior adalah 13, meski ada yang hilang SUper Junior tetap 13, tidak bisa ditambah atau digantikan. Kita para ELF baru *diluar ELf Korea* tidak pernah tahu sejarah angka 13, betapa pentingnya Suju tetap 13, kita para Elf baru *meskipun ada yang mengikuti Suju sejak 2006* tapi kita tidak pernah tahu perjuangan Elf moyang kita (baca: Korean Elf)

Untuk mengatakan diri kita sebagai ELF kita harus tahu sejarah angka 13.

Semua bermula dari sebuah “Kontroversi Hebat” antara ELF dan SM Entertainment. Saat 2JIB, dalam MV Don’t Don muncul wajah baru yang tidak dikenal, benar sekali… Henry Lau. Kemunculan Henry menimbulkan spekulasi bahwa akan ada penambahan member baru dalam Super Junior yaitu saat SM mengumumkan pertama kali pada tanggal 2 Oktober 2007.

Hal ini menimbulkan pertentangan dari para ELF, dengan segera para ELF membuat sebuah situs website yang disebut “ONLY13″ untuk menentang tindakan SM tersebut. Melalui website tersebut para ELF berkomunikasi dan merencanakan tindakan protes menentang SM, sebelum protes/unjuk rasa resmi dilakukan banyak petisi online alias comment-comment yang telah dibuat baik oleh ELF Korea maupun ELF China agar SM tidak menambah anggota ke-14. Para ELF merencanakan akan memboikot semua produk SM, seperti tidak membeli kaset, CD, mini album, photobook, semacamnya deh. Namun akhirnya para ELF memilih jalan untuk protes diam.

Pada tanggal 21 Oktober 2007 labih dari 400 ELF duduk diam di depan bangunan SM dan mengadakan tanda tangan dukungan untuk SUJU agar hanya memiliki 13 member.

Seperti kata para ELF dalam penggalan note “you make me feel heartbreaking….”

-ELF的心很大很大,达到可以装下13个人的一切。E.L.F的心也很小很小,小到只能装下13个人。(二輯時的話)

-ELFs have a big heart, big enough to hold all of the 13, but ELFs hearts are small at the same time, so small that we can only take in 13! (Said this when 2 JIB)

-ELF punya hati yang besar, cukup besar untuk menampung semua 13 member, tapi hati ELF juga kecil pada saat yang sama, sangat kecil hingga kami hanya bisa menerima 13 member saja! (diucapkan saat 2JIB)

Situasi semakin memburuk ketika SM mengumumkan melalui media bahwa SM tidak pernah menyatakan SUJU itu adalah grup tetap, meskipun SM telah mengumumkan SUJU adalah grup permanen sejak Kyuhyun bergabung pada pertengahan tahun 2006.

Ribuan ELF menulis surat pada SM dan meminta SM untuk menetapkan Grup SUJU tapi tidak ada jawaban.

Lebih dari 1000 ELF lagi-lagi muncul di depan gedung SM pada aksi unjuk rasa ke-3 mereka pada 3 November 2007. Mereka tidak melakukan aksi diam tapi menyanyikan lagu-lagu Super Junior dan meneriakkan “13!!”. Meskipun SM telah mengumumkan bahwa member baru tidak akan dimasukkan ke dalam grup inti SUJU dan tidak akan mempengaruhi karir SUJU, para ELF percaya bahwa hal yang sama akan terjadi, akan ada member-member baru lagi yang muncul nantinya.

Seperti yang diucap ELF dalam penggalan note “you make mee feel hertabreaking….”

在大部分海外饭的眼中,Super Junior 15人的。
们二辑时近乎崩溃的惊恐,那时候真的是噩梦,我不会忘记当时为这件事哭了多少,纠结了多少的。如果没有了当初的坚持,现在变成怎么样?是不是更多的熟面孔离去,更多的新面孔增加,然后他们也变成了我的过去

-Most of the foreign ELF think that Super Junior consists of 15 people.
We were extremely terrified and almost collapsed during 2JIB, it was really a nightmare at that time. I won’t forget how many times I cried for that, how much I worried about that. If we didn’t insist at that time, what will it become now? Is it there will be more familiar faces leave, and more new faces come, then the original one becomes my past?

-banyak ELF luar negeri berpikir Super Junior terdiri dari 15 orang.
Kami sebenarnya sangat takut dan hampir pingsan saat 2JIB, itu benar-benar mimpi buruk pada saat itu. Aku tidak lupa seberapa banyakpun aku menangis, sebetapa khawatirnyapun aku akan hal itu. Jika kami tidak menuntut pada saat itu bagaimana jadinya sekarang? apakah akan ada wajah familiar yang pergi dan datang lagi yang baru kemudian member yang asli hanya tinggal kenanganku?

Setelah rumor lain muncul kembali, yaitu dengan memasukkan Zhou mi ke dalam SUJU-M, para ELF mengambil kesempatan ini untuk memperoleh hak resmi sebagai bagian pemegang saham SM Entertainment. Pada tanggal 28 Maret 2008 ELF dari seluruh dunia membeli 58.206 lembar saham SM Entertainment dan memegang 0,3% dari keseluruhan saham SM ENtertainment. Jangan lihat jumlah presentasinya, bayangkan 0,3% dari sekian Juta atau bahkan sekian Milyar Won seluruh saham yang dimiliki SM.

ELF mengeluarkan pernyataan melalui media dan menyatakan bahwa ELF akan melakukan segala cara untuk mencegah SM menambah anggota baru dan mengekalkan Super Junior hanya 13 member.

Setelah rilis blog resmi SUJU-M pada 3 April 2008, lebih dari 5000 comment di post oleh ELF China hanya dalam waktu 1 JAM, yang menyuarakan bahwa mereka mendukung SUJU tetap 13 member, hal itu membuat administrator blog me-locking comment agar tidak bisa masuk kecuali yang memiliki akun Sohu.

Seperti dalam penggalan lain dalam note “you make me feel heartbreaking…”

非常美好的漫天的宝蓝色,气球漫漫上升然后变小,就像每个Fan的心,远远看过去很小,但是聚在一起,强大到足够保护我们爱着的人

-Wonderful sapphire blue filling the sky, the ballons float slowly and become small, just like the heart of every fans. It looks small when viewing them far, but if they gather together, they’re strong enough to protect our beloved one.

-Sapphire Blue yang menakjubkan akan memenuhi langit, balon itu akan mengapung secara perlahan dan menjadi kecil, seperti hati para fans, kelihatan kecil jika dilihat dari jauh tapi jika mereka berkumpul bersama, mereka cukup kuat untuk melindungi orang yang mereka cintai.

Ya! Melindungi. Balon-balon kecil itu telah berkumpul dan bersatu untuk melindungi orang yang mereka cintai, melindungi SUJU agar tidak ditambahkan member baru.

Lalu penggalan lain dalam note “you make me feel heratbreaking…”

记得ONLY13时有个HF的手牌:别小看我们ELF

-Remember the days of ONLY13, there is a Korean ELF held a banner, what written there was: Don’t look down at us ELF!

-ingat hari ONLY13, ada seorang ELF Korea memegang banner yang tertulis “jangan remehkan ELF”

Hari dimana para ELF berdemo disebut “ONLY13″

Ya! Jangan remehkan ELF! karena kekuatan cinta ELF untuk SUJU mampu membeli 0,3% saham milik SM, hanya untuk melindungi SUJU..untuk melindungi SUJU. Apa yang mereka katakan dengan “melindungi” itu benar-benar melindungi bukan cuma kata-kata.

Hingga dalam penggalan lain Leeteuk mengatakan

-(2008.07.27 1000 fan meeting)
李特 : 你們覺得SJ應該是多少人?
ELF : 13
!
李特 : 今後不管碰到什麼事SJ有多少人?
ELF : 13
!
李特:從現在開始不管是10年還是20SJ永遠是13!

-(2008.07.27 1000 day-fan meeting)
Leeteuk: How many people do you think SJ should have?
ELF: 13!
Leeteuk: In future, no matter what happen, how many people does SJ have?
ELF: 13!
Leeteuk: From now on, no matter 10 or 20 years, SJ is 13 people forever!

-(2008.07.27 1000 hari fan meeting)
Leeteuk: berapa orang menurut kalian SUJU harus punya?
ELF: 13!
Leeteuk: di masa yang akan datang, tidak perduli apapun yang terjadi, berapa orang SUJU harus punya?
ELF: 13!
Leeteuk: mulai sekarang, tak perduli 10 atau 20 tahun, SUJU adalah 13 orang selamanya!

SM mengutus sang Leader untuk menenangkan para ELF dengan menyatakan SUJU hanya akan ber-13. Selamanya 13 member.

Dan Heechul turut menyuarakan

-SJ就是SJ,没有谁能够用自己的名字代替他,SJ也不能和其他的去比较。我们是SJ的固定角色。因为我们SJ的成员很多,大家看着我们在一起玩耍,在一起吵架,在一起流泪,一起吃苦,却还彼此珍惜。正因为如此,我们SJ才存在了下来。因为我们是SJ的成员,是一体的。——希澈

-SJ is SJ, no one can replace it with his own name, SJ can’t compare itself with the others as well. We are the fixed characters of SJ. It’s because the member of SJ is a lot, everyone are looking when we play with each other, argue with each other, cry with each other, bear hardships with each other, but cherish each other as well. Therefore, our SJ can survive. It’s because we are members of SJ, we are all together as ONE. ——Heechul

-SUJU adalah SUJU, tidak ada yang bisa menggantinya dengan nama sendiri-sendiri, SUJU juga tidak bisa dibandingkan dengan yang lainnya. Kami adalah susunan yang tetap dalam SUJU. Karena member SUJU itu banyak, semua orang melihat saat kami bermain satu sama lain, bertengkar satu sama lain, menangis satu sama lain, menanggung kesusahan satu sama lain, tapi juga menghargai satu sama lain. Oleh karena itu SUJU bisa bertahan, itu karena kami adalah member SUJU, kami semua bersama sebagai SATU. _______Heechul

Itu untuk meyakinkan ELF bahwa SUJU tidak akan ditambah atau diganti. Selamanya SUJU adalah SUJU.

SUJU adalah SUJU, SUJU M adalah SUJU M, Henry dan Zhou mi adalah member SUJU M bukan Super Junior, karena itulah kalian harus mengerti apa yang disebut dengan 13, kalian harus mengerti SUJU dan SUJU-M itu hal yang berbeda, Henry dan Zhou mi hadir dalam SUSHOW hanya sebagai bintang tamu selaku member SUJU-M. Tapi Leeteuk bersama member SUJU men-slogankan 13elieve in prom15e agar para ELF -korean&chinese ELF- mau dengan perlahan menerima Henry dan Zhou mi sebagai member SUJU-M.

Ada kata-kata Leeteuk dalam penggalan lain di note “you make me feel heartbreaking…”

李特:Super Junior不是一个两年三年就会解散的组合,而是会10年、20年甚至30年都不会解散的组合,直到ELF不要我们为止。ELF会不要我们吗?
ELF
:不会,永远都不会,一直守护着 Super Junior

-Leeteuk: Super Junior isn’t that kind of group that will disband after one year two years or three years, but will never be disbanded until 10 years 20 years or even 30 years later, until ELF don’t want us anymore. Will ELF abandon us?
ELF: No, it won’t happen forever. We will always protect Super Junior.

-Leeteuk: Super Junior bukanlah semacam grup yang akan bubar setelah satu tahun dua tahun atau tiga tahun, tetapi tidak akan pernah bubar sampa 10 tahun 20 tahun atau 30 tahun yang akan datang sampai ELF tidak menginginkan kami lagi. Apakah ELF akan meninggalkan kami?
ELF: TIDAK, tidak akan terjadi selamanya, kami akan selalu melindungi Super Junior.

Dan kata-kata ELF

不管过了十年还是二十年,只要你们还是Super Junior,我们就还是ELF

-10 or 20 years later, we’re still ELFs, as long as you’re still Super Junior.

-10 atau 20 tahun nanti, kami masih tetap ELF selama kalian masih tetap Super Junior.

Taukah ELF kontrak para member bukan lah 5 tahun untuk 5 album atau 10 tahun untuk 10 album, kontrak mereka dengan SM adalah 30 tahun!

Jadi siapkah kalian jadi Loyal ELF? ELF yang tidak akan meninggalkan SUJU? yakinkah kalian akan menjadi ELF selamanya?

Ingat kata-kata Korean&Chinese ELF ini baik-baik

如果爱请深爱,如果不爱请不要伤害

-Please love them deeply if you love them, please don’t hurt them if you don’t love them.

-tolong cintai mereka dengan mendalam jika kau mencintai mereka, tolong jangan sakiti mereka jika kau tidak mencintai mereka.

Jangan jadi ELF jika kemudian kalian akan meninggalkan mereka.

>>> Taken from Super Junior love Indonesian ELF

2 thoughts on “Arti ELF “Everlasting Friends”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s