All about Cho Kyuhyun

Nama lengkap : Cho Kyuhyun (조규현)
Nama Mandarin : Gui Xian (曺圭賢)
Nama Inggris : Marcus Cho
Nama panggung : Kyuhyun (규현)
Nama panggilan : GameKyu, DraKyu, EvilKyu, KyuMong, SkyKyu, dan lain lain.
Tempat lahir : Seoul Nohwon
Tanggal lahir : 03 Februari 1988
Tinggi : 180 cm
Berat : 68 kg
Golongan darah : A
Pendidikan : Sekolah Menengah Shinchung, Sekolah Perguruan Tinggi Yumkwang, Universitas Kyunghee
Saudara kandung : Cho Ahra (1985)
Warna kesukaan : Biru, hitam dan putih
Makanan kesukaan : Jjajangmyeon
Alat musik kesukaan : Clarinet
Grup : Super Junior
Posisi : Vokal utama dan sub dancer (atau sekarang udah jadi lead dancer?)
Sub grup : Super Junior KRY (Kyuhyun, RyeoWook, YeSung), Super Junior M (Mandarin)
Other grup : S.M The Ballad

Jadi dimulai dari mana nih? *jadi bingung sendiri* dimulai dari biografinya dulu ya.

Cho Kyuhyun. Dia adalah anak kedua dari dua bersaudara. Terdiri dari empat orang keluarga yaitu dia sendiri, Ayah, Ibu dan kakaknya. Dia punya seorang noona atau kakak perempuan namanya Cho Ahra yang umurnya tiga tahun lebih tua darinya. Kyuhyun bilang noonanya itu sayang banget sama dia dan selalu memberikannya pelukan kalau dia pulang ke rumah dan nemuin Kyuhyun lagi di depan komputernya. Ayahnya itu seseorang yang bergerak dibidang pendidikan dan mempunyai suatu akademi sendiri. Ibunya pun sama. Karena keluarganya yang berlatar belakang pendidikan, Kyuhyun banyak menghabiskan waktunya untuk belajar dan mempersiapkan diri untuk ujian.

Awalnya Kyuhyun gak berniat sama sekali buat jadi seorang penyanyi dan malah orang tuanya menyuruhnya untuk belajar hukum. Tapi semuanya berubah pas waktu SMA dia bergabung disebuah grup band dan menjadi vokalis di band tersebut. Dia tiba-tiba merubah rencananya yang tadinya mau jadi pengacara menjadi seorang penyanyi. Tapi Ayahnya kurang setuju dan pada akhirnya membuat kesepakatan bersama dengan Kyuhyun. Kesepakatannya, Kyuhyun harus berhasil lulus dalam ujian masuk perguruan tinggi dan bisa masuk ke sebuah Universitas. Akhirnya Kyuhyun berhasil dan masuk ke Kyunghee University jurusan Post Modern Music. Dengan begitu Ayahnya menyetujui impiannya menjadi seorang penyanyi.

Awal karir seorang Cho Kyuhyun bermula dari menangnya dia di Chin Chin Singing Competition tahun 2005, dia menempati posisi ketiga saat itu. Setelah menang, dia langsung dikontrak oleh SM Entertainment dan muncul di video TVXQ/DBSK yang berjudul “Hi Ya Ya”. Setelah dikontrak dia tempatkan di sebuah grup yang ternyata udah pernah debut sebelum dia gabung. Grup itu masih bernama “Super Junior 05” dengan dua belas anggota di dalamnya. Waktu itu, grup tersebut masih sebuah proyek dan belum dipermanenkan, tapi setelah Kyuhyun bergabung, grup itu menjadi grup tetap dan namanya diubah menjadi “Super Junior”. Karena grup Super Junior waktu itu telah debut dengan jumlah anggota dua belas orang, sebagian fans kurang menyukai Kyuhyun sebagai anggota baru. Mereka menganggap anggota grup itu terlalu banyak apabila ditambah satu personil lagi, eh tapi liat aja sekarang. Taunya Kyuhyun adalah salah satu member Super Junior dengan fans terbanyak. Dan pernah disuatu acara, saat itu Eunhyuk mengakui setelah kehadiran Kyuhyun di Super Junior, untuk pertama kalinya Super Junior menempati posisi pertama saat album kedua yaitu “Don’t Don” dengan single pertamanya yang berjudul “U”. Karena saat album pertama mereka yaitu “Twins”, mereka sama sekali belum pernah mendapatkan posisi pertama di Korea. Setelah bergabungnya Kyuhyun di Super Junior juga membuat boyband ini mempunyai popularitas yang terus meningkat.

Kyuhyun memulai penampilan pertamanya sebagai bagian dari Super Junior dalam sebuah siaran berita pada tanggal 23 Mei 2006, saat itu Super Junior memperkenalkan single baru mereka, U. Kyuhyun memulai debut pertamanya pada tanggal 26 Mei 2006 di SBS I-Konser manyanyikan single baru yaitu “U”, yang juga merupakan penampilan pertama grup mereka sebagai grup permanen yang bernama Super Junior tanpa embel-embel 05 dibelakangnya. Dan kemudian menjelang akhir tahun 2006, Kyuhyun, bersama dengan Yesung dan Ryeowook, ditempatkan dalam subkelompok pertama Super Junior, yaitu Super Junior KRY yang debut pertamanya dilakukan pada tanggal 5 November 2006 di acara KBS Music Bank. Di Super Junior, berdasarkan info dari Wikipedia yang sudah diperbaharui, posisi Kyuhyun di Super Junior adalah sebagai Main Vocalist dan Lead Dancer. Gak percaya? Coba deh tanya ke om google dan buka pagenya Wikipedia tentang Super Junior, setahu aku page itu udah diperbaharui dengan berita terbaru tentang album kelima mereka dan tertulis disitu posisi semua member di Super Junior. Akhirnya Kyuhyun jadi lead dancer juga!

Ada beberapa cerita yang mungkin udah banyak orang denger dan baca. Jadi pas awal-awal Kyuhyun bergabung di SM Entertainment itu dia bener-bener berharap jadi seorang penyanyi solo karena suaranya yang cucok banget kalo nyanyiin lagu ballad. Ternyata eh ternyata pas dia masuk ke ruangan latihan gitu, ternyata udah ada dua belas orang di dalamnya dan masuklah dia menjadi bagian dari anggota Super Junior. Tapi dia merasa senang-senang aja karena dia menyukai semua hyung yang ada di ruangan itu. Dan member yang lain waktu itu juga kaget karena managemen mereka sama sekali gak ngasih tahu kalau akan ada satu member lagi yang akan bergabung, jadi mereka langsung aja masukin Kyuhyun tanpa ngobrol apa-apa sama member yang lain.

Awalnya mereka ngerasa kurang suka sama Kyuhyun, tapi buktinya Kyuhyun adalah member paling merana pas baru bergabung di Super Junior, karena mereka semua hyungnya seneng banget ngerjain dia. Bukti pertama, Sembilan bulan Kyuhyun tinggal di dorm dia sama sekali gak dikasih tempat tidur dan dia itu tidur dilantai pake tenda sambil main laptop. Dan setelah Kyuhyun nyeritain hal itu di stasiun televisi, barulah managemennya memberikannya sebuah kasur. Jahat banget itu managemen… Bahkan karena seringnya mereka nge-bully Kyuhyun waktu itu, Shindong bilang kalau Kyuhyun udah menjalani wajib militer, hahaha~ Tapi jangan salah, karena perlakuan para hyungnya itu di jaman dulu, sekarang Kyuhyun tumbuh jadi evil magnae alias magnae setan. Mungkin itu salah satu aksi balas dendam Kyuhyun ke hyung-hyungnya…

Baru setahun Kyuhyun bergabung di Super Junior, ada cerita naas pas tahun 2007. Kyuhyun mengalami kecelakaan parah pada tanggal 19 April 2007. Pasti udah pada tahu ceritanya kan? Jadi waktu itu Kyuhyun, Shindong, Leeteuk, Eunhyuk sama managernya baru aja mau pulang dari Super Junior Kiss the Radio. Saat itu udah hampir lewat tengah malam. Dari berita yang ada, ada yang bilang Kyuhyun duduk di sebelah supir dan ada yang bilang Kyuhyun duduk dibelakang supir, mungkin kalian tahu mana yang bener. Kyuhyun duduk sambil pake earphone dan dengerin musik sambil nutup matanya. Tiba-tiba ban mobil depannya pecah dan mobil oleng sampai akhirnya jungkir balik dua kali sampai semua orang yang ada di mobil terlempar keluar. Dari ke semua member, Kyuhyunlah yang mendapatkan luka paling parah.

Peristiwa ini membuat shock semua member dan Yesung sampai bikin rekaman suara buat mereka yang mengalami kecelakaan sambil nangis. Selain memar-memar di beberapa bagian tubuhnya, Kyuhyun juga mengalami patah tulang rusuk yang mengenai paru-parunya. Setelah kecelakaan, Kyuhyun masih sadar dan menurut kabar yang beredar dia sempet sujud karena dia ngerasa kecelakaan itu adalah teguran dari Tuhan untuk Kyuhyun karena kesibukannya sebagai artis dia sampe lupa buat beribadah. Dan setelah itu dia pingsan. Semua member dilarikan ke rumah sakit dan Kyuhyun yang paling lama harus mendapatkan perawatan. Dia koma selama empat hari dan hampir saja kehilangan suaranya karena harus menjalani operasi melalui tenggorokannya. Tapi karena kepeduliaan Ayahnya, dia menjalani treatment lain dan akhirnya bisa sembuh sampai sekarang dengan suaranya yang masih mengalun merdu… Kyuhyun baru bisa kembali naik ke atas panggung setelah beberapa bulan dirawat di rumah sakit.

Some facts about Cho Kyuhyun :

  • Kyuhyun itu waktu kuliah pernah gemuk karena makan terlalu banyak dan akhirnya memilih diet waktu mau debut dan menjadi sekurus Eunhyuk. Tapi dia malah kehilangan berat badannya 20 kg karena kecelakaan.
  • Kyuhyun punya sedikit gangguan di telinga kirinya karena infeksi sewaktu muda. Jadi telinga kirinya agak kurang pendengarannya.
  • Sangat senang bermain game! Bahkan dia rela begadang cumin buat main game walaupun jadwal Super Junior yang padat. Pernah dia berhenti main game karena keyboardnya rusak lalu disembunyiin sama Wookie. Dan gara-gara hobinya yang satu ini, Donghae pernah kebangun tengah malem karena pernah ngedenger Kyuhyun teriak pas dia kalah main game.
  • Pernah memenangkan medali emas olimpiade matematika
  • Kyuhyun itu ternyata juga suka ngedengkur pas waktu tidur. Dan dia kalo ngedengkur kenceng banget. Ah gak papa kan itu mah diluar kesadaran kita, Kyuhyun kalo ngedengkur kira-kira merdu gak ya? *abaikan*
  • Dia itu gak bisa masak. Pernah dia masak ramen buat para hyung-hyungnya, tapi ya karena dari sononya dia udah gak bisa masak, itu ramen kebanyakan air dan dijuluki legenda sungai Han sama member lain.
  • Dia itu punya penyakit pneumotorax yang bikin paru-paru kadang kolaps. Tapi penyakit ini bukan gara-gara kecelakaan fatal yang dia alami pas tanggal 19 April lalu, dari awal dia emang udah punya penyakit ini dan katanya pernah menjalani operasi karena penyakitnya ini. Dan Kyuhyun jadi sedikit tidak nyaman karena penyakitnya ini. Dia tidak boleh terlalu capek.
  • Satu hal yang udah bukan jadi rahasia umum kalau namja yang bernama Cho Kyuhyun itu gak suka sama sayuran. Mungkin itu salah satu penyebab kenapa wajahnya menjadi seperti permukaan bulan alias berjerawat!
  • Makanan kesukaannya Jjajangmyeon dan dia itu ternyata suka minum-minuman beralkohol.
  • Dia itu kurang fasih berbahasa Inggris, tapi dia bisa mengucapkan bahasa Inggris dengan baik dan benar.
  • Kyuhyun itu paling dekat dengan Sungmin dan di dorm pun dia satu kamar dengan Sungmin. Dan KyuMin couple ini hanya bereaksi dibelakang kamera tidak seperti EunHae couple yang terang-terangan di depan kamera.
  • Kyuhyun bilang dia itu sangat suka berpetualang ke suatu Negara yang dia suka. Dia pernah berpetualang di Jepang selama beberapa hari sendirian dan dia bilang itu sangat menyenangkan. Dan dia berharap bisa berpetualang lagi sendirian ke Eropa, tapi sayang sekarang jadwalnya sangat padat.
  • Pertama kali masuk Super Junior dan melihat semua member. Kyuhyun kaget melihat Siwon dan Donghae karena menurutnya mereka berdua itu sangat tampan. Astaga Kyuhyun… Kalo mereka itu sangat tampan, kamu apa dong?
  • Kyuhyun itu kurang mahir menyetir mobil ataupun motor, tapi di beberapa kesempatan Kyuhyun pernah membawa mobilnya sendiri.
  • Dia itu suka menonton drama, apalagi drama tentang sejarah kayak Jumong dan pernah dijuluki KyuMong. Dia juga suka nonton drama Love in Paris, The Big Swindle, My Sassy Girl, Dae Jo yeong. Karena sukanya dengan My Sassy Girl, dia sampe hafal lagu-lagunya.
  • Dia itu orangnya usil dan kadang nyebelin. Dia pernah saking gak kuatnya nahan ketawa sampe jongkok ngetawain Zhoumi yang waktu itu suaranya fals pas di nada tinggi. Zhoumi nepuk pundak Kyuhyun dua kali supaya dia berhenti ketawa. Eh… tapi yang namanya evil magnae dia terus aja ketawa sampe akhir lagu dan sesudah lagunya beres dia meluk Zhoumi untuk meminta maaf.
  • Dia paling jarang pake baju yang sleeveless alias tanpa lengan. Gak tau deh kenapa. Tapi kalo alesan kenapa dia gak berani buat telanjang dada kayak Siwon di depan umum itu karena ada luka di dadanya bekas operasi. *seenggaknya itu yang aku tahu* dan hei! Kyuhyun itu punya otot loh! Aku pernah liat videonya.. haha
  • Leeteuk sebagai leader dan member yang paling tua pernah mengakui, walaupun dia menjalani masa traine paling lama, tapi dia yakin Kyuhyun mempunyai kemampuan bernyanyi dan menari lebih baik daripada dia.
  • Kyuhyun itu sosok mandiri yang imut. Itu Ryeowook yang bilang. Tapi katanya imutnya itu keterleluan.
  • Kyuhyun pernah bilang kalau dia merasa terhormat bisa mengenal Donghae. Tapi dia selalu merasa kalau dialah yang menjadi hyungnya Donghae. Wajahmu itu sedikit tua Kyu diumurmu yang masih muda… *abaikan lagi yang ini*
  • Waktu dirawat di rumah sakit sehabis kecelakaan, Heechul sering nungguin Kyu di rumah sakit. Itu karena waktu itu ibunya Kyuhyun ngerasa kalau Heechul itu gak deket sama Kyuhyun dan ibunya Kyu minta Heechul supaya bisa akrab sama Kyu. Karena itulah Heechul jadi sering nemenin Kyuhyun di rumah sakit. Tapi waktu Heechul dirawat di rumah sakit karena kecelakaan waktu pulang dari pemakaman Ayahnya Donghae, Kyuhyun gak ngelakuin hal yang sama. Dasar deh ini magnae -_-
  • Percaya gak percaya, Kyuhyun itu innocent abis! Waktu itu SuJu M lagi di Taiwan dan mereka semua lagi berjrengjeng diatas panggung. Karena panas mungkin, Kyuhyun itu sedikit keringetan, dia melap keringetnya itu pake tangan dan dengan seenaknya dia ngelap tangannya itu ke jasnya Zhoumi! Zhoumi senyum-senyum aja ngeliat Kyuhyun nepuk-nepuk pundaknya padahal ada sesuatu disitu -_-
  • Di suatu acara radio deket-deket ini Kyuhyun dan Shindong menjadi bintang tamunya. Saat itu mereka ditanya lebih senang dengan wanita yang lebih muda atau yang lebih tua. Dan Kyuhyun menjawab lebih senang dengan wanita yang lebih tua darinya.
  • Dia bisa memainkan alat musik clarinet dan piano.
  • Kyuhyun tidak pernah memanggil Ryeowook dan Kibum dengan sebutan Hyung karena umur mereka yang tidak terpaut jauh hanya berbeda satu tahun.
  • Kyuhyun itu lelaki yang bisa tiba-tiba kalem dan mendadak jadi cool, tapi dia bisa tiba-tiba berubah menjadi sosok yang menyebalkan dan usilnya minta ampun (ini pendapat pribadi aku, hahaha)
  • Dia juga suka membaca selain hobinya menonton.
  • Menurut Leeteuk, Kyuhyun itu orang yang pekerja keras tapi kadang Kyuhyun itu bekerja diluar batas kemampuannya.
  • Menurut pengakuannya di Immortal song 2 beberapa waktu lalu, pernah ada fans yang selalu megikutinya kemanapun dia pergi di pesawat yang ditumpanginya. Beberapa kali Kyuhyun mendapati ada orang yang sama di pesawatnya dan duduk tidak jauh dari kursinya. Kyuhyun selalu bertukar tempat duduk dengan member lain.
  • Kyuhyun ingin dikenal sebagai seorang penyanyi yang juga bisa menari.
  • Di acara star date saat wawancara mengenai album kelima Super Junior, Kyuhyun diminta untuk meranking member Super Junior yang paling tampan dan Kyuhyun menyebutkan kalau dia masuk urutan 5 besar. Urutan pertama Siwon, kedua Donghae, ketiga Heechul dan yang keempat dia bilang dirinya sendirilah yang paling tampan.
  • Kyuhyun terkenal dengan “evil smile” sedangkan Kibum terkenal “killer smile”
  • Kyuhyun pernah bertengkar hebat dengan Sungmin. Waktu itu Kyuhyun sedang lelah dan membalas telepon Sungmin seadanya. Sungmin mengira Kyuhyun tidak peduli lagi dengannya dan Kyuhyun yang tidak tahu kesalahannya langsung tidur begitu aja begitu sampe di dorm. Kyuhyun menjelaskan semuanya ke Sungmin tapi Sungmin gak mau ngerti dan sehabis kejadian itu Kyuhyun ngikutin kemanapun Sungmin pergi.
  • Kalo Kyuhyun lagi maen game dia bisa lupa sama segalanya.
  • Semenjak kecelakaan dulu, keadaan Kyuhyun naik turun. Dan otomatis itu membuat para hyungnya khawatir. Dia usil suka dengan sengaja bilang kalau dia lagi gak enak badan dan katanya hampir 6-10 orang bakal nanya keadaannya saat itu juga. Tapi lama-kelamaan hyung-hyungnya tahu kalau Kyuhyun cumin ngerjain mereka dan akhirnya gak begitu percaya lagi.
  • Katanya dia punya tiga laptop dan yang satu khusus buat dia main game.
  • Kyuhyun adalah satu-satunya member Super Junior yang berani ngerjain Kangin sampe dia marah waktu Kangin belum masuk wajib militer. Padahal katanya Kangin itu kalau lagi marah nyeremin.
  • Waktu SuJu M menetap lama di Taiwan untuk promosi album, Kyuhyun kembali ke Korea dengan pipi yang chubby karena ternyata berat badannya naik hampir 12 kg. Tapi sekarang kelihatannya dia udah agak kurus lagi.
  • Di SBS Strong Heart spesial Super Junior kemarin Kyuhyun menceritakan tentang cintanya pada pandangan pertama pada seorang suster di rumah sakit saat dia dirawat sehabis kecelakaan. Tapi yeoja itu menolaknya karena ternyata dia udah punya pacar dan ternyata yeoja itu adalah fansnya Eunhyuk. Kyuhyun bilang andaikan yeoja yang dia suka itu adalah fansnya Siwon itu tidak apa-apa, tapi kenapa harus fansnya Eunhyuk? Nah mulai dari situ dia tidak percaya lagi pada takdir.
  • Kyuhyun dibelikan bintang oleh fansnya dan diberi nama GameKyu *gak kebayang deh tuh berapa mahalnya beli bintang di langit*
  • Kyuhyun termasuk member SJ terkaya ke-3. Setelah Siwon terkaya pertama dan Sungmin terkaya ke-2.
  • Di acara Super Junior Foresight, Kyuhyun ditanya dari Music Video Super Junior yang ada dia paling suka yang mana. Dan Kyuhyun bilang dia paling suka MV yang Neorago atau It’s You. dan Ryeowook memilih MV Twin dan Kyuhyun marah karena Ryeowook memilih MV yang gak ada Kyuhyun di dalamnya.
  • Tidak ikut andil di dalam film Attack on the Pin-Up Boys karena waktu itu dia belum pulih sehabis kecelakaan.
  • Lagu Super Junior KRY yang berjudul Coagulation harusnya dinyanyikan solo oleh Kyuhyun di tahun 2007. Tapi kita tahu apa yang terjadi di tahun 2007 itu. Kyuhyun mengalami kecelakaan mobil dan lagu itu gagal di rekam. Tapi akhirnya lagu itu dinyanyikan oleh Super Junior KRY dan muncul di album yang keempat.
  • Kyuhyun gak akan mengikuti wajib militer karena penyakit pneumotoraxnya,

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s