Movie Based On Novel

Bukan hal yang aneh lagi jika perfilman sekarang banyak berdasarkan pada best selling novel. Entah itu terjadi di Indonesia atau di Amerika. Banyak hal yang menjadi faktor sebuah novel diangkat ke layar lebar. Beberapa mengalami ketenaran yang sama dengan novelnya, tetapi ada juga yang menuai banyak kritikan.

Bagiku tidak menutup kemungkinan novel yang laris manis di pasaran, langsung dibuat film tidak menjadikan film tersebut juga laris manis di bioskop. Kadang ada hala yang membuat imajinasi pembaca tidak puas setelah menonton film tersebut. Maka dari itu, jarang saya melihat film Indonesia yang berdasarkan novel. Terakhir saya hanya melihat, Supernova (sci-fic yang menurut saya masih kurang untuk dibuat film) dan Tenggelamnya Kapan Van derwijck (lumayan sukses).

See… tidak banyak film Indonesia yang saya tonton. Saya lebih suka membaca dan mengimajinasi sendiri rekaan atau setiap plot cerita yang ada. Sebelum kecewa, saya memilih tidak menonton film tersebut.

book-to-movie

via https://advicewonders.files.wordpress.com

Saya bukan termasuk peminat berat nonton film di bioskop, tetapi melihat sekarang banyak sekali west movie yang berdasarkan novel atau buku menjadi sorotan lain. Bagi saya yang 3 tahun lalu masih belum menyentuk novel-novel luar, sama sekali tidak ada bayangan bahwa film luar juga membuat berdasarkan novel laris.

Namun, sekarang hobi yang berubah dan bacaan novel yang semakin banyak. Saya mencoba membaca beberapa novel luar (young adult) mulailah saya tahu beberapa film tenyata dari novel. Salah satu novel impor yang saya beli adalah Me Before You- Jojo Moyes, yang akan diangkat ke layar lebar bulan Juni mendatang.

me-before-you_jojo-moyes_all

via http://booknerd.ca

Memang buku atau novel better than film. Begitulah, sama juga dengan film luar, saya menemukan beberapa kekecewaan dengan akhir atau plot yang diberikan film. Sutradara memang sudah memberikan statement adanya perubahan, namun tetap jika yang menonton melihat ketidaksamaan dengan novel yang dibacanya. Bagi saya sendiri, kecewa.

Akhir-akhir ini saya menonton banyak film luar negeri yang diadopsi dari novel terkenal.

  • Hunger Games series
  • Divergent series
  • Maze Runeer series
  • The Faul in Our Star, Paper Town
  • Love, Rosie
  • Pride and Prejudice

ki

via http://cdn3-www.comingsoon.net

Bagaimana menurut kalian? Mana yang lebih kalian suka novel atau film?

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s